3 Macam Jenis Printer Dan Fungsinya



Printer adalah suatu hardware yang di gunakan untuk menghasilkan cetakan yang berupa tulisan atau gambar yang berasal dari komputer melalui media kertas. Cara kerja printer ini dengan menghubungkan kabel data dan kabel power ke komputer kemudian printer akan bisa mencetak gambar maupun tulisan yang berasal dari komputer tersebut. Printer ini mempunyai tiga macam jenis, diantaranya Dot Matrix, Ink jet, dan Laser jet. Berikut ini akan ada penjelasan mengenai printer tersebut.

Dot Matrik


Printer ini sudah jarang di gunakan, karena metode pencetakannya masih menggunakan pita. Hasil cetakan printer ini terlihat seperti sebuah titik-titik dan saling terhubung satu dengan lainnya, sehingga cetakan hasil printer ini kurang bagus dan kurang halus. Produsen dot metrix ini yang cukup terkenal saat ini adalah epson, Contoh printer dari hasil produk epson adalah LX-300,LX 800 dan sebagainya, printer-printer tersebut cukup terkenal dan juga cukup banyak di gunakan.

Ink Jet


Printer jenis ink jet ini cukup banyak di gunakan daripada printer jenis dot metrix, karena hasil cetakan printer jenis ink jet lebih bagus dan lebih halus daripada printer jenis dot metix. Jenis printer ini juga bisa menghasilkan cetakan warna. Cara kerja printer ini dengan cara memberikan/menyemprotkan titik-titik yang kecil tinta pada sebuah kertas melalui lubang yang ada pada pipa yang cukup kecil, printer ini menggunakan teknologi yang di sebut dor on demand. Selain teknologi dor on demand teknologi lainnya yaitu dengan cara menggunakan panas, teknologi ini di kembangkan oleh beberapa produsen printer, seperti HP dan Canon. Cara kerja printer dari teknologi tersebut adalah panas bisa membuat beberapa gelembung tinta, jika semakin panas akan menekan tinta ke lubang pipa printer yang cukup kecil sehingga kertas bisa mencetak. Untuk pencetakan printer ini membutuhkan waktu beberapa detik untuk bisa kering, karena printer ini menggunakan tinta cair. Jenis printer ink jet ini pengisian dan penempatan tintanya bisa di modifikasi dengan cara teknik infus, yaitu teknik yang menambahkan sebuah tabung tinta khusus di bagian samping/luar printer dan disambungkan dengan sebuah selang kecil untuk di hubungkan ke bagian mesin pencetak printer.

Laser Jet 


Printer jenis laser jet ini lebih canggih daripada printer jenis dot metrix dan ink jet, karena pencetakan printer ini menggunakan tinta bubuk atau biasa di sebut toner yang menggunakan perangkat infra merah. Selain lebih canggih pencetakan printer ini juga lebih bagus daripada printer jenis dot metirx dan ink jet, printer ini juga memiliki kecepatan yang tinggi dalam pencetakan dan hasil cetakannya juga cepat kering.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "3 Macam Jenis Printer Dan Fungsinya"

  1. Yup, umumnya memang tiga jenis tersebut yang sering kita lihat dipasaran. Namun ada juga beberpa jenis lainnya Jenis Printer Lainnya

    ReplyDelete